RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester : X/I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema : Introduction
Jumlah pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi Waktu :
1 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan mnyaji
dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di
pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Memahami
teks lisan memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
2. Mengucapkan
teksl isan memaparkan, menanyakan, danm erespons pemaparan jati diri.
3. Memahami
teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
4. Menyusun
teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
D. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses
pembelajaran melalui metode diskusi Peserta
didik dapat:
1. Memahami
teks lisan memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
2. Mengucapkan
teksl isan memaparkan, menanyakan, danm erespons pemaparan jati diri.
3. Memahami
teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
4. Menyusun
teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
E. Materi Pembelajaran
Ø Ungkapan
My name is... I’m ... I live in ... dan semacamnya
Ø Unsur
kebahasan :
(1) Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi
pekerjaan, hobi.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
(3) Rujukan kata
Ø Topik : Keteladanan
tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian
F. Metode/Pendekatan
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.
G. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
awal
-
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan
kondisi mereka.
-
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Mengamati
-
Siswa mendengarkan/membaca
pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
-
Siswa mencoba
menirukan pengucapannya dan menuliskan pemaparan
jati diri yang digunakan.
2.
Mempertanyakan
-
Dengan bimbingan
dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam
bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
-
Siswa
mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri
3.
Mengeksplorasi
-
Siswa mencari pemaparan jati diri dari berbagai sumber.
-
Siswa berlatih
memaparkan jati diri dengan teman melalui simulasi.
-
Siswa berlatih
memaparkan jati diri melalui tulisan
4.
Mengasosiasi
-
Siswa menganalisis
ungkapan memaparkan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
-
Secara berkelompok
siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari
sumber lain dan membandingkannya
dengan yang digunakan guru.
-
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
5.
Mengkomunikasikan
-
Siswa mendemonstrasikan
penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan
memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai dengan konteks
-
Siswa menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam
jurnal belajar (learning journal).
c.
Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari hari ini.
-
Guru memberi tugas
kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
-
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Alat/Media/Sumber
Belajar
Alat/Media
-
Papan tulis
-
Spidol
-
Laptop
-
Speaker aktif
Sumber
Belajar
-
Buku paket
-
Buku LKS
-
Buku referensi yang
relevan
-
Informasi dari
media masa dan internet
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian
Proses
2. Penilaian
Hasil
3. Pedoman penskoran
4. Indikator perkembangan sikap religius,
tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
Cirebon, 23 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd Rastono
NIP. - NPM. 11000489
Lampiran
J. Penilaian
1. Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tseknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Sebelum, selama, dan setelah KBM
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui isi teks yang menunjukan introdution
|
Tes lisan
|
Listen and fill in the blank
|
Dialogue
1:
A : Hi, I am Baskara
B : Hi, .........Renata, glad to meet you.
A : Hello my name is baskara
B : Hello
...........Reanata, pleased to meet you.
A : where do you live Baskara
B : ......... Jakarta
A : Let me introduce my
self. My name is Baskara.
B : How do you do? ........
Renata,Nice to meet you
|
Menganalisis
ungkapan introdution yang terdapat dalam teks
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Tertulis
|
Write the introduce
myself in the dialogue.
|
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
introdution
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Lisan dan Tertulis
|
Make a dialogue about introduce myself with
your partner. Then perform it in front of class. When your friends perform
about introdution, respond it by asking question or giving
statements.
|
Kunci Jawaban
Mengetahui isi teks yang
menunjukan introdution
Answer
Dialogue :
1.
I am
2.
My name’s
3.
I live in
4.
My name’s
Menganalisis ungkapan introdution yang terdapat dalam teks.
Answer:
1.
My name’s...
2.
I live in...
3.
I am...
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
dan merespon ungkapan
introdution.
Jawaban disesuaikan dengan
kemampuan peserta didik.
Pedoman
penskoran
Mengetahui isi teks yang
menunjukan introdution
Skor
masing-masing jawaban benar 10.
Nilai =
Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal
100.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
dan merespon ungkapan
introdution.
81-100 Jika peserta didik dapat menyebutkan 5
ungkapan introdution
61-80 Jika peserta didik dapat menyebutkan 4
ungkapan introdution
41-60 Jika peserta didik dapat menyebutkan 3
ungkapan introdution
21-40 Jika peserta didik dapat menyebutkan 2
ungkapan introdution
0-20 Jika peserta didik dapat menyebutkan 1
ungkapan introdution dengan
benar.
Skor maksimal
100.
Membuat dialogue berdasarkan dialogue yang sudah d contohkan
No
|
Nama peserta didik
|
Penilaian Proses
|
NA
|
||
Intonasi
|
pronounciation
|
Ekspresion
|
|||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom penilaian proses diisi dengan
angka:
1.
Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2.
Jika penampilan peserta didik kurang
3.
Jika penampilan peserta didik sedang
4.
Jika penampilan peserta didik baik
5.
Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) = × 100
Skor maksimal
100.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
dan merespon ungkapan
introdution.
No.
|
Nama Peserta didik
|
Ketepatan dalam penggunaan
|
∑
|
NA
|
|||
Kata
|
Ekspresi
|
Struktur kalimat
|
Tanda baca
|
||||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi
dengan angka:
1.
Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2.
Jika kemampuan peserta didik kurang
3.
Jika kemampuan peserta didik sedang
4.
Jika kemampuan peserta didik baik
5.
Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) = × 10
Skor maksimal
100.
Indikator
perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.
BT (Belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
masalah.
2.
MT (Mulai tampak) jika menunjukkan
sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten.
3.
MB (Belum tampak) jika
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (Mulai membudaya)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.
NO.
|
NAMA SISWA
|
RELIGIUS
|
TANGGUNG JAWAB
|
PEDULI
|
RESPONSIF
|
SANTUN
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
ANDI
|
||||||||||||||||||||
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||||||||||||||||
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
||||||||||||||||||||
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
||||||||||||||||||||
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
||||||||||||||||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||||||||||||||||
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||||||||||||||||
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||||||||||||||||
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar