RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester : X/I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema : Comlimenting
and Showing Care
Jumlah pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi Waktu :
1 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan mnyaji
dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di
pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.
Mengetahui isi dialog
mengenai ungkapan perhatian (expressing care)
4.
Menganalisis ungkapan yang menunjukan perhatian (care) dengan percaya diri.
5.
Mengetahui perbedaan antara berbagai ungkapan perhatian (care) yang ada
dalam bahasa Indonesia, serta fungsi sosialnya.
6.
Menyusun teks lisan
dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
perhatian (care)
D. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses
pembelajaran melalui metode diskusi Peserta
didik dapat:
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3. Mengetahui
isi dialog mengenai ungkapan perhatian (expressing care)
4. Menganalisis
ungkapan menunjukan
perhatian (care) dengan percaya diri.
5. Mengetahui perbedaan antara berbagai ungkapan
perhatian (care) yang ada dalam bahasa Indonesia, serta fungsi sosialnya.
6. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
menunjukan perhatian (care)
E. Materi Pembelajaran
Ø Ungkapan
perhatian (care) dan cara meresponnya: you
look pale. Are you OK? No, really. I’ve headache.
Ø Unsur
kebahasan : Ucapan, tekanan kata, intonasi.
Ø Kind
of Expressing of Care :
·
Have you had breakfast
·
I’m sorry to hear that
·
I’m sad to hear that
·
Poor you
·
I hope you get better
soon
·
What a pity
F. Metode/Pendekatan
Metode yang digunakan adalah diskusi dan presentasi
G. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
awal
-
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan
kondisi mereka.
-
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Mengamati
-
Siswa mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
-
mengikuti interaksi menunjukkan perhatian.
-
Siswa menirukan model interaksi menunjukkan perhatian.
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
2.
Mempertanyakan (questioning)
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan perhatian
dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
3.
Mengeksplorasi
-
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
4.
Mengasosiasi
-
Siswa membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
-
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
5.
Mengkomunikasikan
-
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
-
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).
c.
Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari hari ini.
-
Guru memberi tugas
kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
-
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Alat/Media/Sumber
Belajar
Alat/Media
-
Papan tulis
-
Spidol
-
Laptop
-
Speaker aktif
Sumber
Belajar
-
Bahan ajar bahasa
Inggris
-
Video/Audio tentang
ungkapan perhatian (care)
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian
Proses
2. Penilaian
Hasil
3. Pedoman penskoran
4. Indikator perkembangan sikap religius,
tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
Cirebon, 23 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd Rastono
NIP. - NPM. 11000489
Lampiran
J. Penilaian
1. Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tseknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Sebelum, selama, dan setelah KBM
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui isi teks yang menunjukan
perhatian (care)
|
Tes lisan
|
Listen and fill in the blank
|
Dialogue
1:
A : How are you?
B : I am 1…….
A : I am 2……. to hear that. What happened?
B :
its 3…... I don’t to talk about it.
A :
Don’t be too 4…..
B :
Yeach OK
A : Don’t
think much about it. And if you change your mind and want to talk about it
you can 5….. to me.
B :
Thanks. You are a good friend.
|
Menganalisis
ungkapan perhatian
(care) yang terdapat dalam teks
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Tertulis
|
Write the expressions
care in the dialogue.
|
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
perhatian (care)
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Lisan dan Tertulis
|
Make a dialogue about expressing care with your partner. Then
perform it in front of class. When your friends perform about expressing
care, respond it by asking question or giving statements.
|
Kunci Jawaban
Mengetahui
isi dialog sederhana
Answer
Dialogue :
1.
Terrible
2.
Sorry
3.
Stupid
4.
Serious
5.
Talk
Menganalisis
ungkapan perhatian (care) yang terdapat dalam dialogue tersebut.
Answer:
1.
How are you?
2.
I’m sorry to hear that
3.
Don’t be too serious
4.
You are looking so sad
5.
I hope he get better soon
Menyusun dialogue sederhana bersama temannya, untuk
memaparkan, menanyakan,
dan merespon ungkapan
perhatian (care).
Jawaban disesuaikan dengan
kemampuan peserta didik.
Pedoman
penskoran
Mengetahui
isi teks pemaparan jati diri
Skor
masing-masing jawaban benar 10.
Nilai =
Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal
100.
Menganalisis ungkapan pemaparan
jati diri yang terdapat dalam teks
81-100 Jika peserta didik dapat menyebutkan 5
ungkapan perhatian (care)
61-80 Jika peserta didik dapat menyebutkan 4
ungkapan perhatian (care)
41-60 Jika peserta didik dapat menyebutkan 3
ungkapan perhatian (care)
21-40 Jika peserta didik dapat menyebutkan 2
ungkapan perhatian (care)
0-20 Jika peserta didik dapat menyebutkan 1
ungkapan perhatian (care) dengan benar.
Skor maksimal
100.
Membuat dialogue berdasarkan dialogue yang sudah d contohkan
No
|
Nama peserta didik
|
Penilaian Proses
|
NA
|
||
Intonasi
|
pronounciation
|
Ekspresion
|
|||
1.
|
ANDI
|
||||
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
||||
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
||||
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
||||
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
||||
8.
|
RENALDI
|
||||
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
||||
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
Keterangan :
Kolom penilaian proses diisi dengan
angka:
1.
Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2.
Jika penampilan peserta didik kurang
3.
Jika penampilan peserta didik sedang
4.
Jika penampilan peserta didik baik
5.
Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) =
× 100
Skor maksimal
100.
Menyusun dialogue sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
perhatian (care)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Ketepatan dalam penggunaan
|
∑
|
NA
|
|||
Kata
|
Ekspresi
|
Struktur kalimat
|
Tanda baca
|
||||
1.
|
ANDI
|
||||||
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
||||||
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
||||||
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
||||||
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
Keterangan :
Kolom ketepatan dalam penggunaan
diisi dengan angka:
1.
Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2.
Jika kemampuan peserta didik kurang
3.
Jika kemampuan peserta didik sedang
4.
Jika kemampuan peserta didik baik
5.
Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) =
× 10
Skor maksimal
100.
Indikator
perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.
BT (Belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
masalah.
2.
MT (Mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten.
3.
MB (Belum tampak) jika
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (Mulai membudaya)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.
NO.
|
NAMA SISWA
|
RELIGIUS
|
TANGGUNG JAWAB
|
PEDULI
|
RESPONSIF
|
SANTUN
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
ANDI
|
||||||||||||||||||||
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||||||||||||||||
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
||||||||||||||||||||
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
||||||||||||||||||||
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
||||||||||||||||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||||||||||||||||
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||||||||||||||||
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||||||||||||||||
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
SCRIP
Dialogue :
A : How are you?
B : I am so sad
A : I am sorry to hear that, What happened?
B :
It’s stupid, I don’t want to talk about it.
A :
Well, don’t to be too serious
B :
Yeach, OK
A :
Don’t think too much about it. And if you change your mind and want to talk
about it, you can talk to me.
B :
Thanks. You are a good friend.
v Exercise
Listen and Fill in the blank.
Dialogue :
A : How are you?
B : I am 1_____________
A : I
am 2____________ to hear that, What happened?
B :
It’s 3___________, I don’t want to talk about it.
A :
Well, don’t to be too 4___________
B :
Yeach, OK
A :
Don’t think too much about it. And if you change your mind and want to 5________
about it, you can talk to me.
B :
Thanks. You are a good friend.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar