Senin, 13 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "COMPLIMENTING AND SHOWING CARE"




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan    :  SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester          :  X/I
Mata Pelajaran           :  Bahasa Inggris
Tema                          :  Comlimenting and Showing Care
Jumlah pertemuan      :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu         :  1 x 2 JP

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan  mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.


C.    Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengetahui isi dialog mengenai ungkapan perhatian (expressing care)
4.      Menganalisis ungkapan yang menunjukan perhatian (care) dengan percaya diri.
5.      Mengetahui perbedaan antara berbagai ungkapan perhatian (care) yang ada dalam bahasa Indonesia, serta fungsi sosialnya.
6.      Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian (care)

D.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi Peserta didik dapat:
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengetahui isi dialog mengenai ungkapan perhatian (expressing care)
4.      Menganalisis ungkapan menunjukan perhatian (care) dengan percaya diri.
5.      Mengetahui perbedaan antara berbagai ungkapan perhatian (care) yang ada dalam bahasa Indonesia, serta fungsi sosialnya.
6.      Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menunjukan perhatian (care)

E.     Materi Pembelajaran
Ø  Ungkapan perhatian (care) dan cara meresponnya: you look pale. Are you OK? No, really. I’ve headache.
Ø  Unsur kebahasan : Ucapan, tekanan kata, intonasi.
Ø  Kind of Expressing of Care :
·         Have you had breakfast
·         I’m sorry to hear that
·         I’m sad to hear that
·         Poor you
·         I hope you get better soon
·         What a pity

F.     Metode/Pendekatan
Metode yang digunakan adalah diskusi dan presentasi

G.    Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan awal
-          Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
-          Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Siswa mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
-          mengikuti interaksi menunjukkan perhatian.
-          Siswa menirukan model interaksi menunjukkan perhatian.
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
2.      Mempertanyakan (questioning)
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
3.      Mengeksplorasi
-          Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
4.      Mengasosiasi
-          Siswa membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
-          Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
5.      Mengkomunikasikan
-          Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
-          Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).
c.       Kegiatan Penutup
-          Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari  hari ini.
-          Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



H.    Alat/Media/Sumber Belajar
Alat/Media
-          Papan tulis
-          Spidol
-          Laptop
-          Speaker aktif
Sumber Belajar
-          Bahan ajar bahasa Inggris
-          Video/Audio tentang ungkapan perhatian (care)

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses
2.      Penilaian Hasil
3.      Pedoman penskoran
4.      Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun













Cirebon, 23 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                    Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                         Rastono
NIP. -                                                                                                              NPM. 11000489                                                                                            
                                               

Lampiran
J.      Penilaian

1.      Penilaian Proses

No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.      Penilaian Hasil

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian

Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengetahui isi teks yang menunjukan perhatian (care)
Tes lisan
Listen and fill in the blank
Dialogue 1:
A  : How are you?
B   : I am 1…….
A   : I am 2……. to hear that. What happened?
B   : its 3…... I don’t to talk about it.
A  : Don’t be too 4…..
B   : Yeach OK
A   : Don’t think much about it. And if you change your mind and want to talk about it you can 5….. to me.
B   : Thanks. You are a good friend.

Menganalisis ungkapan perhatian (care) yang terdapat dalam teks
Unjuk Kerja
Keterampilan Tertulis
Write the expressions care in the dialogue.

Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian (care)
Unjuk Kerja
Keterampilan Lisan dan Tertulis
Make a dialogue about expressing care with your partner. Then perform it in front of class. When your friends perform about expressing care, respond it by asking question or giving statements.

Kunci Jawaban
Mengetahui isi dialog sederhana
Answer
Dialogue :
1.      Terrible
2.      Sorry
3.      Stupid
4.      Serious
5.      Talk

Menganalisis ungkapan perhatian (care) yang terdapat dalam dialogue tersebut.
Answer:
1.      How are you?
2.      I’m sorry to hear that
3.      Don’t be too serious
4.      You are looking so sad
5.      I hope he get better soon

Menyusun dialogue sederhana bersama temannya, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian (care).
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

Pedoman penskoran
Mengetahui isi teks pemaparan jati diri
Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100.

Menganalisis ungkapan pemaparan jati diri yang terdapat dalam teks
81-100  Jika peserta didik dapat menyebutkan 5 ungkapan perhatian (care)
61-80    Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 ungkapan perhatian (care)
41-60    Jika peserta didik dapat menyebutkan 3 ungkapan perhatian (care)
21-40    Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 ungkapan perhatian (care)
0-20      Jika peserta didik dapat menyebutkan 1 ungkapan perhatian (care) dengan benar.
Skor maksimal 100.

Membuat dialogue berdasarkan dialogue yang sudah d contohkan
No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH






Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1.      Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2.      Jika penampilan peserta didik kurang
3.      Jika penampilan peserta didik sedang
4.      Jika penampilan peserta didik baik
5.      Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.

Menyusun dialogue sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian (care)
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH






Keterangan      :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1.      Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2.      Jika kemampuan peserta didik kurang
3.      Jika kemampuan peserta didik sedang
4.      Jika kemampuan peserta didik baik
5.      Jika kemampuan peserta didik sangat baik

NA (Nilai Akhir) =  × 10
Skor maksimal 100.
Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.      BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.      MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.      MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.


Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.

NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH

























SCRIP
Dialogue :
A  : How are you?
B   : I am so sad
A   : I am sorry to hear that, What happened?
B   : It’s stupid, I don’t want to talk about it.
A  : Well, don’t to be too serious
B   : Yeach, OK
A   : Don’t think too much about it. And if you change your mind and want to talk about it, you can talk to me.
B   : Thanks. You are a good friend.


v  Exercise

Listen and Fill in the blank.

Dialogue :
A  : How are you?
B   : I am 1_____________
A   : I am 2____________ to hear that, What happened?
B   : It’s 3___________, I don’t want to talk about it.
A  : Well, don’t to be too 4___________
B   : Yeach, OK
A   : Don’t think too much about it. And if you change your mind and want to 5________ about it, you can talk to me.
B   : Thanks. You are a good friend.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar