RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester : X/I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema : Announcement
Jumlah pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi Waktu : 1 x
2 JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan mnyaji
dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di
pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.7.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.1.Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.1.2.Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Mengidentifikasi struktur teks pada pemberitahuan.
2. Menyimpulkan fungsi ocial teks pemberitahuan.
3. Menemukan unsur kebahasaan pada pemberitahuaN.
4. Menemukan
informasi tertentu.
5. Menemukan
informasi rinci tersirat dan atau tersurat.
6. Menentukan
gambaran umum teks pemberitahuan.
7. Menyusun
teks tulis pemberitahuan.
D. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses
pembelajaran melalui metode diskusi Peserta
didik dapat:
1. Selama
dan setelah proses siswa dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Setelah
dapat mengidentifikasi struktur teks, menyimpulkan fungsi social, menemukan
unsur kebahasaan, informasi tertentu dan gambaran umum teks pemberitahuan, siswa menunjukkan perilaku jujur, disiplin, kerja sama, dan bertanggung jawab.
3. Siswa
dapat menyusun teks tulis pemberitahuan.
E. Materi Pembelajaran
Struktur teks:
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement
di media massa maupun di internet,
secara urut dan runtut.
Fungsi sosial:
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau
petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa,
kepala sekolah, dan staf administrasi
Unsur kebahasaan:
Kosa
kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan
tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
F. Metode/Pendekatan
1.
Pendekatan : Saintific
2.
Metoda Pembelajaran : Diskusi dan Role
Play
G. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
awal
-
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan
kondisi mereka.
-
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Mengamati
-
Siswa mendengarkan/membaca teks announcement
dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur
kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
-
Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan
menuliskan teks yang digunakan.
-
Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui
proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi
khusus.
2.
Mempertanyakan
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan berbagai teks pemberitahuan dalam bahasa Inggris,
perbedaan teks
pemberitahuan
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain,
dsb.
3.
Mengeksplorasi
-
Siswa
mencari teks lain untuk mendengarkan/membaca teks announcement dengan strategi yang digunakan dari berbagai sumber.
-
Siswa
berlatih membaca teks announcement
dengan strategi yang digunakan bersama teman
4.
Mengasosiasi
-
Siswa menganalisis teks announcement
dengan memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
-
Siswa membandingkan teks announcement
yang didengar/dibacakan dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber
lain.
-
Secara berkelompok siswa mendiskusikan teks announcement yang mereka temukan dari sumber lain.
-
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
dalam kerja kelompok.
5.
Mengkomunikasikan
-
Siswa membuat teks announcement
dalam kerja kelompok
-
Siswa menyampaikan
pemberitahuan secara tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks.
-
Membuat jurnal belajar (learning
journal)
-
c.
Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari hari ini.
-
Guru memberi tugas
kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
-
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Alat/Media/Sumber
Belajar
Alat/Media
-
Papan tulis
-
Spidol
-
Laptop
-
Speaker aktif
Sumber
Belajar
-
Bahan ajar bahasa
Inggris
-
LKS
-
Buku Paket
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian hasil pembelajaran.
2.
KINERJA (praktik)
3.
Speaking Rubric
4.
Penugasan/ulangan harian
5.
PORTOFOLIO
6.
Penilaian Diri
Cirebon, 23 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd Rastono
NIP. - NPM. 11000489
Lampiran
J. Penilaian
1. Penilaian hasil pembelajaran.
Kriteria penilaian Kinerja dan Tugas.
-
Pencapaian fungsi sosial.
-
Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks pemberitahunan (announcement )
-
Ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
-
Kesesuaian format penulisan/
penyampaian.
2.
KINERJA (praktik)
-
Melakukan monolog tentang teks pemberitahunan (announcement )
sederhana peristiwa di depan kelas.
-
Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam membuat teks teks pemberitahunan (announcement ).
3.
Speaking Rubric
Apprentice
|
Basic
|
Learned
|
Exemplary
|
|
4.
Penugasan/ulangan harian
Menentukan gambaran umum,
informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks pemberitahuan sederhana
observasi:
Lembar Pengamatan Sikap Peserta
didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Bertanggung jawab
|
Jujur
|
Santun dalam berkumunikasi
|
Percaya diri
|
Kedisiplinan dalam tugas
|
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan
skala 1 s.d. 5
1 = Sangat
Kurang 3 =
Cukup 5 = Amat Baik
2 =
Kurang
4 = Baik
5.
PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama
Siswa :
________________________________________
Kelas
: _______________________________________
Guru
:
________________________________________
NO
|
Kreteria
Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
|
5 kreteria terpenuhi
|
4 Kreteria terpenuhi
|
3 Kreteria terpenuhi
|
≤ 2 kreteria terpenuh
|
2.
|
Ada rekaman teks pemberitahuan sederhana
|
||||
3.
|
Ada kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks
pemberitahuan sederhana berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
|
||||
5.
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
Format 2
KRITERIA
|
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
Melakukan Observasi
|
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
|
Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
|
Semua Jelas dan Rinci
|
Role Play
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur
kebahasaan sesuai
|
Menyunting Teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada
modifikasi
|
6.
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
|
A summary of what I have covered:
|
Things I am still not sure of:
|
What do I need to do to overcome these uncertainties?
|
Things I have learned successful today:
|
Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek
SCRIP
Dialogue :
A : How are you?
B : I am so sad
A : I am sorry to hear that, What happened?
B :
It’s stupid, I don’t want to talk about it.
A :
Well, don’t to be too serious
B :
Yeach, OK
A :
Don’t think too much about it. And if you change your mind and want to talk
about it, you can talk to me.
B :
Thanks. You are a good friend.
v Exercise
Listen and Fill in the blank.
Dialogue :
A : How are you?
B : I am 1_____________
A : I
am 2____________ to hear that, What happened?
B :
It’s 3___________, I don’t want to talk about it.
A :
Well, don’t to be too 4___________
B :
Yeach, OK
A :
Don’t think too much about it. And if you change your mind and want to 5________
about it, you can talk to me.
B :
Thanks. You are a good friend.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar