RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester :
X/I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema : Would like, be going to, and will
Jumlah pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi Waktu : 1 x 2 JP
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai
konteks.
C.
Indikator
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.
Mengetahui isi text
tentang niat melakukan sesuatu.
4.
Menganalisis text yang
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu yang sesuai dengan
konteks.
5.
Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
6. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan
sesuatu dengan percaya diri.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah
proses pembelajaran melalui metode
diskusi Peserta didik dapat:
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.
Mengetahui isi text
tentang niat melakukan sesuatu.
4. Menganalisis text yang menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu.
5. Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
6. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan
dan menanyakan tentang niat melakukan
sesuatu.
E.
Materi
Pembelajaran
Ø Menyatakan rencana
Struktur Teks
‘I’d
like to tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my
friend
Ø Unsur
Kebahasaan
Kata
kerja I’d like
to .., I will .., I’m going to ...;
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan
dan cetak yang jelas dan rapi.
Ø Simple Future
v WILL
Will
for promise, assumption, and condition.
-
I promise, I won’t tell
you secret.
-
I’m sure you will like
him.
-
If she invite me, I
will come.
v BE GOING TO
-
Look at the sky. It’s
going to rain soon.
-
Be careful! You are going
to spill your coffee.
-
Look at the queue! We
are going to miss the show.
-
I’m going to holiday to
bali next years.
F.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan presentasi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Kegiatan
awal
-
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi
mereka.
-
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
1. Mengamati
-
Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan
menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
-
Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan dan
pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
dengan bimbingan guru
-
Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
-
Dengan bimbingan dan arahan guru siswa
mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu
2. Mempertanyakan
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan
yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
3.
Mengekslorasi
-
Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu dalam konteks simulasi, role-play dan kegiatan lain
yang terstuktur
-
Siswa berusaha menyatakan dan bertanya tentang niat
melakukan sesuatu
4.
Mengasosiasi
-
Siswa membandingkan antara ungkapan niat melakukan sesuatu dalam bahasa
Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada dari berbagai sumber lain.
-
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia
5.
Mengkomunikasikan
-
Setiap menyatakan dan menanyakan ungkapan tentang
niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris di dalam dan di luar kelas
-
Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning
journal)
c.
Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari hari ini.
-
Guru memberi tugas
kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Alat/Media/Sumber Belajar
Alat/Media :
-
Papan tulis
-
Spidol
Sumber
Belajar :
-
Bahan ajar Bahasa
Inggris
I.
Penilaian
-
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
-
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan
Cirebon, 10 September 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa
Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd Rastono
NIP. - NPM. 11000489
J.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tseknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Sebelum, selama, dan setelah KBM
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
b. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui isi teks tentang niat
melakukan sesuatu
|
Tes tertulis
|
Isian
|
My
planning
I
have some plan if I meet my favorite actor, Rain.
My
name is Sysca Yuliani Permana. I have an idol and my idol is Rain. Rain is
the actor that comes from Seoul. He is a multitalented person that I have
known. He is a professional singer, dancer, and actor. I love him very much.
I want to meet him and I believe one day I will meet with him. If I can meet
him, I have some plan that I want to do with him.
I will talk with him many things. I will
show him how much I like him. I admire all of his performance. I like the
story about the struggles of his life to be a superstar. After that, I am
going to take many pictures together with him. I will take a trip with him to
Jeju island. There, we can make a joke and laugh together all the time. I
want to do with him. I hope my dream will come true. I am going to be
grateful to God if I can meet Rain…
1. Where
does Rain come from?
2. Who
is Rain?
3. What will Sysca do if she meets Rain?
4. What does she like from him?
5. Where
will Sysca go if she met him?
|
Menganalisis kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu yang sesuai dengan konteks.
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Tertulis
|
Write the
sentence about expressing of doing something and asking of doing something.
|
Membuat
pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Tertulis
|
Make 5 question based on the text.
On My Summer Holiday
Hi, my name is Aditia Kusuma. I’m going to visit different places
with my family. We are going to fly Portugal. We are going to spend four days
in Lisboa. Then, we are going to rent a car and we are going to travel to
Galicia. We are going to stay there five days. We are going to come back to
Losbia. We are going to take an aeroplane and we are going to to Valencia. We
are going to spend three days there. After that, we are going to Elfiel tower.
Next day we are going to fly to New York. We are going to visit the most
important places in the city and we are going to the statue of Liberty by
ship. I am going to travel a lot.
|
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu dengan percaya diri
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Lisan dan Tertulis
|
Make paragraphs about expressing of doing something and asking of doing something with your
group.
|
Kunci Jawaban
1.
Rain is the actor that
comes from Seoul
2.
Rain is the actor that
comes from Seoul He is professional singer, dancer, and actor.
3.
I will talk with him
many things. I will show him how much I liked him. I admire all of his
performance
4.
I like the story about
the struggles of his life to be a superstar.
5.
I will take a trip with
him to Jeju Island.
Menganalisis teks tentang niat melakukan sesuatu yang terdapat dalam teks
Jawaban
disesuaikan dengan kondisi.
Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang di berikan tentan
niat melakukan sesuatu
Jawaban di sesuaikan dengan
kemampuan masing-masing peserta didik.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan
dan menanyakan
tentang niat melakukan sesuatu.
Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.
Pedoman
penskoran
Mengetahui
isi teks tentang
niat melakukan sesuatu
Skor
masing-masing jawaban benar 20.
Nilai =
Jumlah jawaban benar × 10.
Skor maksimal
100.
Menganalisis text yang termasuk dalam niat melakukan sesuatu yang terdapat dalam teks
81-100 Jika peserta didik dapat menyebutkan 5 kalimat yang menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
61-80 Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 kalimat yang menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
41-60 Jika peserta didik dapat menyebutkan 3 kalimat yang menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
21-40 Jika peserta didik dapat menyebutkan 2
ungkapan kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
0-20 Jika peserta didik dapat menyebutkan 1 kalimat yang menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
Skor maksimal
100
Membuat pertanyaan berdasarkan
teks yang menyatakan dan menanyakan
tentang niat melakukan sesuatu.
No
|
Nama peserta didik
|
Penilaian Proses
|
NA
|
||
Intonasi
|
pronounciation
|
Ekspresion
|
|||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL SEPTIAN
PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom penilaian proses diisi dengan
angka:
1 Jika penampilan peserta didik
sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) =
× 100
Skor maksimal
100.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
sesuatu.
No.
|
Nama Peserta didik
|
Ketepatan dalam penggunaan
|
∑
|
NA
|
|||
Kata
|
Ekspresi
|
Struktur kalimat
|
Tanda baca
|
||||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom ketepatan dalam penggunaan
diisi dengan angka:
1 Jika kemampuan peserta didik sangat
kurang
2
Jika kemampuan peserta didik kurang
3 Jika kemampuan peserta didik sedang
4 Jika kemampuan peserta didik baik
5 Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) =
× 10
Skor maksimal
100.
Indikator
perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1. BT
(Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan masalah.
2. MT
(Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan jika tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3. MB
(Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK
(Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
NO.
|
NAMA SISWA
|
RELIGIUS
|
TANGGUNG JAWAB
|
PEDULI
|
RESPONSIF
|
SANTUN
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
ANDI
|
||||||||||||||||||||
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||||||||||||||||
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
||||||||||||||||||||
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
||||||||||||||||||||
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
||||||||||||||||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||||||||||||||||
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||||||||||||||||
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||||||||||||||||
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.
Text 1.
My
planning
I
have some plan if I meet my favorite actor, Rain.
My
name is Sysca Yuliani Permana. I have an idol and my idol is Rain. Rain is the
actor that comes from Seoul. He is a multitalented person that I have known. He
is a professional singer, dancer, and actor. I love him very much. I want to
meet him and I believe one day I will meet with him. If I can meet him, I have
some plan that I want to do with him.
I will talk with him many things. I will show
him how much I like him. I admire all of his performance. I like the story
about the struggles of his life to be a superstar. After that, I am going to
take many pictures together with him. I will take a trip with him to Jeju
island. There, we can make a joke and laugh together all the time. I want to do
with him. I hope my dream will come true. I am going to be grateful to God if I
can meet Rain…
Text
2.
On My Summer Holiday
Hi,
my name is Aditia Kusuma. I’m going to visit different places with my family.
We are going to fly Portugal. We are going to spend four days in Lisboa. Then,
we are going to rent a car and we are going to travel to Galicia. We are going
to stay there five days. We are going to come back to Losbia. We are going to
take an aeroplane and we are going to to Valencia. We are going to spend three
days there. After that, we are going to Elfiel tower. Next day we are going to
fly to New York. We are going to visit the most important places in the city
and we are going to the statue of Liberty by ship. I am going to travel a lot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar