Senin, 13 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "WOULD LIKE, BE GOING TO, AND WILL"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan              :  SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester                   :  X/I
Mata Pelajaran                    :  Bahasa Inggris
Tema                                   :  Would like, be going to, and will
Jumlah pertemuan               :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu                    :  1 x 2 JP

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C.    Indikator
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengetahui isi text tentang niat melakukan sesuatu.
4.      Menganalisis text yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu yang sesuai dengan konteks.
5.      Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
6.      Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dengan percaya diri.

D.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi Peserta didik dapat:
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengetahui isi text tentang niat melakukan sesuatu.
4.      Menganalisis text yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
5.      Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
6.      Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.


E.     Materi Pembelajaran
Ø  Menyatakan rencana  
Struktur Teks
 ‘I’d like to tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
Ø  Unsur Kebahasaan
 Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Ø  Simple Future
v  WILL
Will for promise, assumption, and condition.
-          I promise, I won’t tell you secret.
-          I’m sure you will like him.
-          If she invite me, I will come.
v  BE GOING TO
-          Look at the sky. It’s going to rain soon.
-          Be careful! You are going to spill your coffee.
-          Look at the queue! We are going to miss the show.
-          I’m going to holiday to bali next years.

F.     Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan presentasi

G.    Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan awal
-          Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
-          Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
-          Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dengan bimbingan guru
-          Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
-          Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
2.      Mempertanyakan
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
3.      Mengekslorasi
-          Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam konteks simulasi, role-play dan kegiatan lain yang terstuktur
-          Siswa berusaha menyatakan dan bertanya tentang niat melakukan sesuatu


4.      Mengasosiasi
-          Siswa membandingkan antara ungkapan niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada dari berbagai sumber lain.
-          Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia
5.      Mengkomunikasikan
-          Setiap menyatakan dan menanyakan ungkapan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris di dalam dan di luar kelas
-          Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
c.       Kegiatan Penutup
-          Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari  hari ini.
-          Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.    Alat/Media/Sumber Belajar  
Alat/Media :
-          Papan tulis
-          Spidol
Sumber Belajar :
-          Bahan ajar Bahasa Inggris

I.       Penilaian
-          Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
-          Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan




Cirebon, 10 September 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                           Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                  Rastono
NIP. -                                                                                                       NPM. 11000489   
J.      Penilaian Hasil Belajar
a.         Penilaian Proses
No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

b.      Penilaian Hasil

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian

Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengetahui isi teks tentang niat melakukan sesuatu
Tes tertulis
Isian
My planning
I have some plan if I meet my favorite actor, Rain.
My name is Sysca Yuliani Permana. I have an idol and my idol is Rain. Rain is the actor that comes from Seoul. He is a multitalented person that I have known. He is a professional singer, dancer, and actor. I love him very much. I want to meet him and I believe one day I will meet with him. If I can meet him, I have some plan that I want to do with him.
 I will talk with him many things. I will show him how much I like him. I admire all of his performance. I like the story about the struggles of his life to be a superstar. After that, I am going to take many pictures together with him. I will take a trip with him to Jeju island. There, we can make a joke and laugh together all the time. I want to do with him. I hope my dream will come true. I am going to be grateful to God if I can meet Rain…
1.      Where does Rain come from?
2.      Who is Rain?
3.       What will Sysca do if she meets Rain?
4.       What does she like from him?
5.      Where will Sysca go if she met him?

Menganalisis kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu yang sesuai dengan konteks.

Unjuk Kerja
Keterampilan Tertulis
Write the sentence about expressing of doing something and asking of doing something.
Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
Unjuk Kerja

Keterampilan Tertulis
Make 5 question based on the text.

      On My Summer Holiday
Hi, my name is Aditia Kusuma. I’m going to visit different places with my family. We are going to fly Portugal. We are going to spend four days in Lisboa. Then, we are going to rent a car and we are going to travel to Galicia. We are going to stay there five days. We are going to come back to Losbia. We are going to take an aeroplane and we are going to to Valencia. We are going to spend three days there. After that, we are going to Elfiel tower. Next day we are going to fly to New York. We are going to visit the most important places in the city and we are going to the statue of Liberty by ship. I am going to travel a lot.

Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dengan percaya diri
Unjuk Kerja
Keterampilan Lisan dan Tertulis
Make paragraphs about expressing of doing something and asking of doing something with your group.


Kunci Jawaban
1.      Rain is the actor that comes from Seoul
2.      Rain is the actor that comes from Seoul He is professional singer, dancer, and actor.
3.      I will talk with him many things. I will show him how much I liked him. I admire all of his performance
4.      I like the story about the struggles of his life to be a superstar.
5.      I will take a trip with him to Jeju Island.

Menganalisis teks tentang niat melakukan sesuatu yang terdapat dalam teks
Jawaban disesuaikan dengan kondisi.

Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang di berikan tentan niat melakukan sesuatu
Jawaban di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.

Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.

Pedoman penskoran
Mengetahui isi teks tentang niat melakukan sesuatu
Skor masing-masing jawaban benar 20.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 10.
Skor maksimal 100.

Menganalisis text yang termasuk dalam niat melakukan sesuatu yang terdapat dalam teks
81-100  Jika peserta didik dapat menyebutkan 5 kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
61-80    Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
41-60    Jika peserta didik dapat menyebutkan 3 kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
21-40    Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 ungkapan kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
0-20      Jika peserta didik dapat menyebutkan 1 kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.

Skor maksimal 100

Membuat pertanyaan berdasarkan teks yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.

No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH





Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.





Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH







Keterangan      :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1 Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2        Jika kemampuan peserta didik kurang
3 Jika kemampuan peserta didik sedang
4 Jika kemampuan peserta didik baik
5 Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 10
Skor maksimal 100.

Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.    BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.    MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.














NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH




















Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.













Text 1.

My planning
I have some plan if I meet my favorite actor, Rain.
My name is Sysca Yuliani Permana. I have an idol and my idol is Rain. Rain is the actor that comes from Seoul. He is a multitalented person that I have known. He is a professional singer, dancer, and actor. I love him very much. I want to meet him and I believe one day I will meet with him. If I can meet him, I have some plan that I want to do with him.
 I will talk with him many things. I will show him how much I like him. I admire all of his performance. I like the story about the struggles of his life to be a superstar. After that, I am going to take many pictures together with him. I will take a trip with him to Jeju island. There, we can make a joke and laugh together all the time. I want to do with him. I hope my dream will come true. I am going to be grateful to God if I can meet Rain…








Text 2.
On My Summer Holiday

Hi, my name is Aditia Kusuma. I’m going to visit different places with my family. We are going to fly Portugal. We are going to spend four days in Lisboa. Then, we are going to rent a car and we are going to travel to Galicia. We are going to stay there five days. We are going to come back to Losbia. We are going to take an aeroplane and we are going to to Valencia. We are going to spend three days there. After that, we are going to Elfiel tower. Next day we are going to fly to New York. We are going to visit the most important places in the city and we are going to the statue of Liberty by ship. I am going to travel a lot.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar