Sabtu, 11 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "GREETING"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         :  SMK SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester              : X/I
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Tema                              : Greeting and Leave Takings
Jumlah pertemuan          :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu               :  1 x 2JP

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar  komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional.
3.1.   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.   Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.





C.    Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.      Memahami teks lisan memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
2.      Mengucapkan teksl isan memaparkan, menanyakan, danm erespons pemaparan jati diri.
3.      Memahami teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
4.      Menyusun teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
D.    Materi pembelajaran
Ø  Ungkapan Hi, hello, how are you...dst
Ø  Unsur kebahasan : Ucapan, tekanan kata, intonasi.
Ø  Kind of Greeting
·         Hi, how are you
·         Hello, how are you
·         How are you

E.     Metode Pembelajaran
Informasi, diskusi, praktik, dan penugasan.

F.     Langkah – langkah Kegiatan
a.      Kegiatan awal
-          Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
-          Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Siswa mendengarkan / membaca pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian / penulisannya.
-          Siswa coba menirukan pengucapannya dan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan.
2.      Menanya
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa indonesia.
-          Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri.
3.      Mengeksplorasi
-          Siswa mencari beberapa teks pemparan jati diri dari berbagai sumber.
-          Siswa berlatih memaparkan jati dengan teman melalui simulasi.
-          Siswa berlatih memparkan jati diri melalui tulisan.
4.      Mengasosisasi
-          Siswa menganalisis ungkapan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
-          Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingankannya dengan yangdigunakan guru.
-          Siswa memperoleh balikan (feedback) dari gurud an teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasan sampaikan dalam kerja kelompok.
5.      Mengomunikasikan
-          Siswa mendemontrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis dikelas dengan memperhatikan fungsis sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuaid engan konteks.
-          Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa inggris untuk memaparkan jatid iri dalam jurnal belajar.

c.       Kegiatan Penutup
-          Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari  hari ini.
-          Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi yang sudah diajarkan.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


G.    Sumber Belajar
1.      Buku paket
2.      Buku LKS
3.      Buku referensi lain yang relevan
4.      Informasi dari media masa dan internet









H.    Penilaian
1.      Penilaian proses
2.      Penilaian hasil
3.      Teknik / jenis : kuis dan tugas individual
4.      Pedoman penskoran











Cirebon, 16 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                            Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                  Rastono
NIP. -                                                                                                         NPM. 11000489 








Lampiran
I.       Hasil Penilaian
1.      Penilaian proses
No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.      Penilaian hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian

Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengetahui isi dialog tentang greeting ( kata sapaan)
Tes tertulis
Isian
Listen and fill in the blank!
Hasan : ...(1)
Husen : Good morning.
Hasan : are you new ...(2) here?
Husen : Yes, I am ...(3)
Hasan : Nice to meet you too
Husen : What is ...(4)
Hasan : I am Hasan ...(5)
Husen : I am Husen.
Hasan : Where did you live before?
Husen : I live in Jakarta. Iam here because my father has a ...(6) here.
Hasan : what’s your father’s job?
Husen : ...(7) job is doctor.
Hasan : A kind of...(8) doctor ?
Husen : Yes, is it.
Hasan : Well, welcome to Boyolali. I hope you ...(9) this place.
Husen : Yes, I will.
Hasan : well, I’ve got to go ...(10)
Husen : See you
Menganalisis kalimat yang termasuk greeting ( kata sapaan) sesuai dengan konteks.
Unjuk Kerja
Keterampilan Tertulis
write general greeting (formal and informal)
Membuat kalimat yang termasuk greeting ( kata sapaan) sesuai dengan konteks

Unjuk Kerja

Keterampilan Tertulis
Make general greeting (formal and informal)
     

Kunci Jawaban
Mengetahui isi dialog tentang greeting ( kata sapaan)
Answer:
(1). Good morning (2). People (3). Nice to meet you too (4). Your Name (5). Name (6). A job (7). Father;s (8). General (9). Enjoy (10) see you later
Menganalisis kalimat yang termasuk greeting ( kata sapaan) sesuai dengan konteks.
Jawaban disesuaikan dengan kondisi.

Membuat kalimat yang termasuk greeting ( kata sapaan) sesuai dengan konteks
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.



3.  Teknik / jenis : kuis dan tugas individual
Complete the following dialoque.
a. Tony                    : Hello Atun , good morning.
    Atun                   (1) ........... Tony.
b. Bella                   : Lis, this is my brother . He is Bambang.
    Lisa                     : Good morning Bambang.
    Bambang            : Good morning . Glad to meet you.
   Lisa                      : (2) ..........  too.
c. Fitri                     : Hello Nikmah. How are you today ?
   Nikmah                : (3) ...... thank you. And you ?
   Fitri                      : (4) ....... thank you.
d. Ali                      : congratulation on your success, Rully.
    Rully                   : Ok , thank  you Ali
    Ali                       : (5) ....., Rully.
e. Nugroho              : Hello Joko.
     Joko                   :  Hi Nugroho. How is life.?
    Nugroho             : fine, thank you. And you ?
    Joko                    (6) ...........


Kunci jawaban
1.      Good morning Tony.
2.      Glad to meet you too. 
3.      I am fine , thank you , and you?  
4.      I am doing good , and you ?  
5.      You are welcome.
6.      I ‘m pretty good, thank you.


4. Pedoman penskoran
Mengetahui isi dialog ungkapan greeting
 Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100

Menganalisis ungkapan ucapan greeting yang terdapat dalam dialog.
81-100  Jika peserta didik dapat menyebutkan 5 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
61-80    Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
41-60    Jika peserta didik dapat menyebutkan 3 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
21-40    Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
0-20    Jika peserta didik dapat menyebutkan 1 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
Skor maksimal 100.

Membuat dialog kata sapaan “greeting”
No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH




Keterangan    :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.
Menyusun surat lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon kata sapaan “greeting”
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH







Keterangan      :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1 Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2 Jika kemampuan peserta didik kurang
3 Jika kemampuan peserta didik sedang
4 Jika kemampuan peserta didik baik
5 Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 10
Skor maksimal 100

Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.    BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.    MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.

NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar