RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester :
X/I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema :
Greeting and Leave Takings
Alokasi
Waktu : 1 x 2JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan mnyaji
dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di
pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional.
3.1.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat
bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan,
struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Memahami
teks lisan memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
2. Mengucapkan
teksl isan memaparkan, menanyakan, danm erespons pemaparan jati diri.
3. Memahami
teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
4. Menyusun
teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri.
D. Materi
pembelajaran
Ø Ungkapan
Hi, hello, how are you...dst
Ø Unsur
kebahasan : Ucapan, tekanan kata, intonasi.
Ø Kind
of Greeting
·
Hi, how are you
·
Hello, how are you
·
How are you
E. Metode Pembelajaran
Informasi, diskusi, praktik, dan
penugasan.
F. Langkah – langkah Kegiatan
a.
Kegiatan
awal
-
Peserta didik
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
-
Peserta didik
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
1. Mengamati
-
Siswa mendengarkan / membaca pemaparan
jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan,
maupun format penyampaian / penulisannya.
-
Siswa coba menirukan pengucapannya dan
menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan.
2. Menanya
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam
bahasa inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa indonesia.
-
Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi
teks yang memaparkan jati diri.
3. Mengeksplorasi
-
Siswa mencari beberapa teks pemparan
jati diri dari berbagai sumber.
-
Siswa berlatih memaparkan jati dengan
teman melalui simulasi.
-
Siswa berlatih memparkan jati diri
melalui tulisan.
4. Mengasosisasi
-
Siswa menganalisis ungkapan jati diri
dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
-
Secara berkelompok siswa mendiskusikan
ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan
membandingankannya dengan yangdigunakan guru.
-
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
gurud an teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasan sampaikan dalam kerja
kelompok.
5. Mengomunikasikan
-
Siswa mendemontrasikan penggunaan
pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis dikelas dengan memperhatikan
fungsis sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuaid engan
konteks.
-
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa inggris untuk memaparkan jatid iri dalam jurnal belajar.
c.
Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
materi yang telah diajarkan atau dipelajari
hari ini.
-
Guru memberi tugas kepada siswa tentang
materi yang sudah diajarkan.
-
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1. Buku
paket
2. Buku
LKS
3. Buku
referensi lain yang relevan
4. Informasi
dari media masa dan internet
H. Penilaian
1. Penilaian
proses
2. Penilaian
hasil
3. Teknik
/ jenis : kuis dan tugas individual
4. Pedoman
penskoran
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Mahasiswa Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd
Rastono
NIP. - NPM. 11000489
Lampiran
I.
Hasil Penilaian
1. Penilaian proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tseknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Sebelum,
selama, dan setelah KBM
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil
penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan
dan informasi bagi Guru
Agama dan
PKN
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui isi dialog tentang greeting (
kata sapaan)
|
Tes
tertulis
|
Isian
|
Listen and fill in the blank!
Hasan : ...(1)
Husen : Good morning.
Hasan : are you new ...(2) here?
Husen : Yes, I am ...(3)
Hasan : Nice to meet you too
Husen : What is ...(4)
Hasan : I am Hasan ...(5)
Husen : I am Husen.
Hasan : Where did you live before?
Husen : I live in Jakarta. Iam here because my
father has a ...(6) here.
Hasan : what’s your father’s job?
Husen : ...(7) job is doctor.
Hasan : A kind of...(8) doctor ?
Husen : Yes, is it.
Hasan : Well, welcome to Boyolali. I hope you
...(9) this place.
Husen : Yes, I will.
Hasan : well, I’ve got to go ...(10)
Husen : See you
|
Menganalisis kalimat yang termasuk greeting
( kata sapaan) sesuai dengan konteks.
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Tertulis
|
write general greeting (formal and
informal)
|
Membuat kalimat yang termasuk greeting
( kata sapaan) sesuai dengan konteks
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan
Tertulis
|
Make general greeting (formal and
informal)
|
Kunci Jawaban
Mengetahui
isi dialog
tentang greeting ( kata sapaan)
Answer:
(1). Good morning (2). People (3). Nice to meet you too (4). Your Name
(5). Name (6). A job (7). Father;s (8). General (9). Enjoy (10) see you later
Menganalisis kalimat yang termasuk greeting
( kata sapaan) sesuai dengan konteks.
Jawaban disesuaikan dengan kondisi.
Membuat
kalimat yang termasuk greeting ( kata sapaan) sesuai dengan konteks
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta
didik.
3. Teknik / jenis : kuis dan tugas individual
Complete the following
dialoque.
a. Tony : Hello
Atun , good morning.
Atun : (1) ........... Tony.
b. Bella :
Lis, this is my brother . He is Bambang.
Lisa :
Good morning Bambang.
Bambang :
Good morning . Glad to meet you.
Lisa :
(2) .......... too.
c. Fitri : Hello
Nikmah. How are you today ?
Nikmah : (3)
...... thank you. And you ?
Fitri :
(4) ....... thank you.
d. Ali :
congratulation on your success, Rully.
Rully :
Ok , thank you Ali
Ali : (5) ....., Rully.
e. Nugroho : Hello Joko.
Joko : Hi
Nugroho. How is life.?
Nugroho :
fine, thank you. And you ?
Joko : (6) ...........
Kunci jawaban
1. Good morning Tony.
2. Glad to meet you too.
3. I am fine , thank you , and you?
4. I am doing good , and you ?
5. You are welcome.
6. I ‘m pretty good, thank you.
4.
Pedoman penskoran
Mengetahui isi dialog ungkapan greeting
Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100
Menganalisis ungkapan ucapan greeting yang terdapat dalam dialog.
81-100 Jika peserta
didik dapat menyebutkan 5 ungkapan ucapan selamat bersyap
(extended).
61-80 Jika
peserta didik dapat menyebutkan 4 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
41-60 Jika
peserta didik dapat menyebutkan 3 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
21-40 Jika
peserta didik dapat menyebutkan 2 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
0-20 Jika peserta
didik dapat menyebutkan 1 ungkapan ucapan selamat bersyap
(extended).
Skor maksimal 100.
Membuat dialog kata sapaan “greeting”
No
|
Nama
peserta didik
|
Penilaian
Proses
|
NA
|
||
Intonasi
|
pronounciation
|
Ekspresion
|
|||
1.
|
ANDI
|
||||
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
||||
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
||||
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
||||
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
||||
8.
|
RENALDI
|
||||
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
Keterangan :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =
× 100
Skor maksimal 100.
Menyusun
surat
lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon kata
sapaan “greeting”
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Ketepatan
dalam penggunaan
|
∑
|
NA
|
|||
Kata
|
Ekspresi
|
Struktur
kalimat
|
Tanda
baca
|
||||
1.
|
ANDI
|
||||||
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
||||||
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
||||||
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
||||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
Keterangan :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1 Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2 Jika kemampuan peserta didik kurang
3 Jika kemampuan peserta didik sedang
4 Jika kemampuan peserta didik baik
5 Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =
× 10
Skor maksimal 100
Indikator
perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1. BT
(Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan masalah.
2. MT
(Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan jika tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3. MB
(Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK
(Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kolom-kolom
aspek yang dinilai diberi tanda centang.
NO.
|
NAMA SISWA
|
RELIGIUS
|
TANGGUNG JAWAB
|
PEDULI
|
RESPONSIF
|
SANTUN
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
ANDI
|
||||||||||||||||||||
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||||||||||||||||
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
||||||||||||||||||||
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
||||||||||||||||||||
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
||||||||||||||||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||||||||||||||||
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||||||||||||||||
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||||||||||||||||
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar