Senin, 13 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "DESCRIPTIVE"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         : SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester              : X/I
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Tema                               : Descriptive
Jumlah pertemuan          :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu               :  1 x 2JP

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3     Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.7.       Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
-          Mengutahui isi teks tentang deskriptif teks (description of people).
-          Menganalisis teks sederhana mengenai deskriptif teks (description of people) yang terdapat dalam teks.
4.8.      Menangkap makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis sederhana.
-          Menemukan gagasan pokok fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang (Tokoh idola) sesuai dengan konteks kegunaannya.
4.9.      Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-          Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan.
4.10.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi dan persentasi peserta didik dapat:
1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengutahui isi teks tentang deskriptif tentang orang
4.      Menganalisis teks sederhana mengenai deskriptif tentang orang yang terdapat dalam teks.
5.      Menemukan gagasan pokok fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang (Tokoh idola) sesuai dengan konteks kegunaannya.
6.      Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan.


D.    Materi Pembelajaran
(Descriptive text)
Descriptive text is text that describe of the feature of someone, thing and place.
·            Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
·            Struktur text
(1)      Penyebutan nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan  nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2)      Penyebutan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3)      Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
·            Unsur kebahasaan
(1)      Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(2)      Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(3)      Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)      Rujukan kata

E.     Metode/pendekatan
Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan persentasi.

F.     Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
2.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Siswa memperhatikan / menonton beberapa contoh teks/ film tentang  penggambaran orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah.
-          Siswa menirukan contoh  secara terbimbing.
-          Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
2.      Mempertanyakan (questioning)
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
-          Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif
3.      Mengeksplorasi
-          Siswa secara kelompok membacakan  teks deskriptif lain dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
-          Siswa berpasangan  menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.
-          Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan
-          Berkelompok, siswa menggambarkan tempat wisata lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
4.      Mengasosiasi
-          Dalam kerja kelompok terbimbing siswa  menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang, tempat wisata, bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada  struktur teks, dan unsur kebahasaan.
-          Siswa mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya.
-          Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
5.      Mengkomunikasikan
-          Berkelompok, siswa menyusun teks deskripsi tentang orang/ tempat wisata/ bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial  tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
-          Siswa menyunting deskripsi yang dibuat teman.
-          Siswa menyampaikan deskripsinya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
-          Siswa membuat kliping deskripsi tentang orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah yang mereka sukai.
-          Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan bangunan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami.
-          Siswa dapat menggunakan ‘learning journal’
c.       Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.      Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.      Peserta didik diminta untuk mencari profil tentang artis favorit.






















G.    Alat/Media/Sumber Belajar 
Alat/Media :
-          Papan tulis
-          Spidol
-          Gambar-gambar artis.
Sumber Belajar :
-          Bahan ajar Bahasa Inggris

H.    Penilaian
-          Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
-          Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan












Cirebon, 23 September 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                            Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                  Rastono
NIP. -                                                                                                         NPM. 11000489 









I.       Penilaian Hasil Belajar
1.         Penilaian Proses

No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.      Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian

Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengutahui isi teks tentang deskriptif teks (description of people)
Tes tertulis
Lisan
Read the text carefully!
AGNES MONICA

Agnes Monica was born in Jakarta 1 July 1989. Her full name is Agnes monica sukma.
 She is beautiful person, she has straight and brown hair. Her colors are small and black eyes and she has white skin, and she has a beautiful smile. She has pointed nose and round face. She has tall and slim body.
She is a famous singer in Indonesia. She began her career in the entertainment industry at the age of six as a child singer. Agnes has released three albums. She is a pride of Indonesian.
Agnes Monica is a very talented artist. Besides singing, she also can play music instruments such as guitar and piano.
Answer the question from the text above!
1.      Who is describing in the text?
2.      What is the main idea in the second paragraph?
3.      What is the main idea in the third paragraph?
4.      Find the sentence include in the describing?
5.      What is the main idea in the fourth paragraph?

Menganalisis teks sederhana mengenai deskriptif teks (description of people) yang terdapat dalam teks.

Unjuk Kerja
Keterampilan Tertulis
Answer the question!
1.      Who is describe in the text?
2.      When was she born?
3.      How is her physical appearance?
4.      When did she begin her career?
5.      What are her abilities besides singing?
Menemukan gagasan pokok fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang (Tokoh idola) sesuai dengan konteks kegunaannya.

Unjuk Kerja

Keterampilan Tertulis
Find the main idea of the paragraphs.
Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan.

Unjuk Kerja

Keterampilan Tertulis
Make a descriptive text from the text above!


Kunci Jawaban
Mengutahui isi teks tentang deskriptif teks (description of people)
1.      Agnes Monica
2.      She is beautiful person
3.      She is a famous singer in Indonesia
4.      She is beautiful person, she has straight and brown hair. Her colors are small and black eyes and she has white skin, and she has a beautiful smile. She has pointed nose and round face. She has tall and slim body
5.      Agnes Monica is a very talented artist

Menganalisis teks sederhana mengenai deskriptif teks (description of people) yang terdapat dalam teks.
Answer :
1.      Agnes monica
2.      Agnes monica born in Jakarta 1 july 1989.
3.      She is beautiful person, she has straight and brown hair. Her colors are small and black eyes and she has white skin, and she has a beautiful smile. She has pointed nose and round face. She has tall and slim body.
4.      She began her career in the entertainment industry at the age of six as a child singer.
5.      Besides singing, she also can play music instruments such as guitar and piano.

Menemukan gagasan pokok fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang (Tokoh idola) sesuai dengan konteks kegunaannya.
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.


Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan.
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.

Pedoman penskoran
Mengutahui isi teks tentang deskriptif teks (description of people)
 Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100

Menganalisis teks sederhana mengenai deskriptif teks (description of people) yang terdapat dalam teks.
81-100  Jika peserta didik dapat menyebutkan 10 kalimat mengenai deskriptif teks
61-80    Jika peserta didik dapat menyebutkan 8 kalimat mengenai deskriptif teks
41-60    Jika peserta didik dapat menyebutkan 6 kalimat mengenai deskriptif teks
21-40    Jika peserta didik dapat menyebutkan4 kalimat mengenai deskriptif teks
0-20    Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 kalimat mengenai deskriptif teks
Skor maksimal 100.
Menemukan gagasan pokok fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang (Tokoh idola) sesuai dengan konteks kegunaannya.
No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH




Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.

Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan.
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH







Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.

Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.    BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.    MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.    MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.













Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.

NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH































Read the text carefully!
AGNES MONICA
Agnes Monica was born in Jakarta 1 July 1989. Her full name is Agnes monica sukma.
She is beautiful person she has straight and brown hair. She has small and black eyes and she has white skin, and she has a beautiful smile. She has pointed nose and round face. She has tall and slim body.

She is a famous singer in Indonesia. She began her career in the entertainment industry at the age of six as a child singer. Agnes has released three albums. She is a pride of Indonesian artist.

Agnes Monica is a very talented artist. Besides singing, she also can play music instruments such as guitar and piano. Agnes Monica has several famous songs. Her songs are everlasting "Pernikahan Dini, Tak Ada Logika and Jera".

LAMPIRAN
v  Siswa secara kelompok membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat yang sudah disiapkan sebelumnya dan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar