Senin, 13 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "SIMPLE SONG (LAGU SEDERHANA)"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan    :  SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester          :  X/I
Mata Pelajaran           :  Bahasa Inggris
Tema                          :  Simple Song (Lagu sederhana)
Jumlah pertemuan      :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu         :  1 x 2 JP

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan  mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
 komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar 
2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
 melaksanakan komunikasi fungsional
3.11.Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16.Menangkap makna lagu sederhana.

C.    Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.      Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
2.      Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
3.      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

D.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi Peserta didik dapat:
1.      Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
2.      Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
3.      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

E.     Materi Pembelajaran
Ø  Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral

Ø  Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Ø  Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

F.     Metode/Pendekatan
Metode yang digunakan adalah diskusi dan presentasi

G.    Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan awal
-          Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
-          Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Siswa mendengarkan/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
-          Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
2.      Mempertanyakan
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa Inggris, perbedaan lagu dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
-          Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
3.      Mengeksplorasi
-          Siswa membacakan lirik lagu yang disalin kepada teman sebangku
-          Siswa menyanyikan lagu yang disalin dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
-          Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
4.      Mengasosiasi
-          Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
-          Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin
5.      Mengkomunikasikan
-          Siswa melaporkan  kumpulan lagu favorit mereka yang sudah dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
-          Antarsiswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.

H.    Alat/Media/Sumber Belajar
Alat/Media
-          Papan tulis
-          Spidol
-          Laptop
-          Speaker aktif

Sumber Belajar
-          Audio CD/ VCD/DVD
-          www.youtube
-          SUARA GURU
-          Koran/ majalah berbahasa Inggris
-          www.dailyenglish.com














I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses
2.      Penilaian Hasil
3.      Pedoman penskoran
4.      Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun














Cirebon, 23 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                    Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                         Rastono
NIP. -                                                                                                              NPM. 11000489                                                                                            
                                               










Lampiran
J.      Penilaian

1.      Penilaian Proses

No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.      Penilaian Hasil
Pengamatan
-         Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
-         Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
-         Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
-          Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
-          kumpulan hasil tes dan latihan.
-          Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
 Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
-          Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain

3.      Pedoman penskoran
Pengamatan
Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100.

Portofolio
81-100  Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah lagu dengan sangat baik
61-80    Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah lagu dengan cukup baik
41-60    Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah lagu dengan kurang baik
21-40    Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah lagu dengan tidak baik
0-20      Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah lagu dengan buruk

No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH






Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1.      Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2.      Jika penampilan peserta didik kurang
3.      Jika penampilan peserta didik sedang
4.      Jika penampilan peserta didik baik
5.      Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.







Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH






Keterangan      :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1.      Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2.      Jika kemampuan peserta didik kurang
3.      Jika kemampuan peserta didik sedang
4.      Jika kemampuan peserta didik baik
5.      Jika kemampuan peserta didik sangat baik

NA (Nilai Akhir) =  × 10
Skor maksimal 100.
Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.      BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.      MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.      MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.


Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.

NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar