RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester : X/I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema : Simple
Song (Lagu sederhana)
Jumlah pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi Waktu :
1 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan mnyaji
dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di
pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi
fungsional
3.11.Menyebutkan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16.Menangkap
makna lagu sederhana.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
2.
Ketepatan
dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
3.
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
D. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses
pembelajaran melalui metode diskusi Peserta
didik dapat:
1.
Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
2.
Ketepatan
dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
3.
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
E. Materi Pembelajaran
Ø Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan
perasaan, mengajarkan pesan moral
Ø Unsur kebahasaan
(1)
Kata,
ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Ø
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
F. Metode/Pendekatan
Metode yang digunakan adalah diskusi dan presentasi
G. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
awal
-
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan
kondisi mereka.
-
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Mengamati
-
Siswa mendengarkan/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
-
Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang
didengar
2.
Mempertanyakan
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa Inggris, perbedaan lagu dalam bahasa
Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
-
Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam
lagu
3.
Mengeksplorasi
-
Siswa membacakan lirik lagu yang disalin kepada teman sebangku
-
Siswa menyanyikan lagu yang disalin dengan pengucapan dan tekanan kata yang
tepat
-
Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
4. Mengasosiasi
-
Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu
yang dibaca/didengar
-
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin
5.
Mengkomunikasikan
-
Siswa melaporkan kumpulan lagu
favorit mereka yang sudah dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
-
Antarsiswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.
H. Alat/Media/Sumber
Belajar
Alat/Media
-
Papan tulis
-
Spidol
-
Laptop
-
Speaker aktif
Sumber Belajar
-
Audio CD/ VCD/DVD
-
SUARA GURU
-
Koran/ majalah berbahasa
Inggris
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian
Proses
2. Penilaian
Hasil
3. Pedoman penskoran
4. Indikator perkembangan sikap religius,
tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
Cirebon, 23 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd Rastono
NIP. - NPM. 11000489
Lampiran
J. Penilaian
1. Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tseknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Sebelum, selama, dan setelah KBM
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian
Hasil
Pengamatan
-
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam
melaksanakan Komunikasi
-
Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
-
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
-
Kumpulan
kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta
kesan terhadap lagu
-
kumpulan
hasil tes dan latihan.
-
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
-
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus, komentar,
atau bentuk penilaian lain
3.
Pedoman penskoran
Pengamatan
Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100.
Portofolio
81-100 Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah
lagu dengan sangat baik
61-80 Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah
lagu dengan cukup baik
41-60 Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah
lagu dengan kurang baik
21-40 Jika peserta didik dapat menyanyikan sebuah
lagu dengan tidak baik
0-20 Jika peserta didik dapat menyanyikan
sebuah lagu dengan buruk
No
|
Nama peserta didik
|
Penilaian Proses
|
NA
|
||
Intonasi
|
pronounciation
|
Ekspresion
|
|||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom penilaian proses diisi dengan
angka:
1.
Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2.
Jika penampilan peserta didik kurang
3.
Jika penampilan peserta didik sedang
4.
Jika penampilan peserta didik baik
5.
Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) = × 100
Skor maksimal
100.
Penilaian Diri dan Penilaian
Sejawat
No.
|
Nama Peserta didik
|
Ketepatan dalam penggunaan
|
∑
|
NA
|
|||
Kata
|
Ekspresi
|
Struktur kalimat
|
Tanda baca
|
||||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom ketepatan dalam penggunaan
diisi dengan angka:
1.
Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2.
Jika kemampuan peserta didik kurang
3.
Jika kemampuan peserta didik sedang
4.
Jika kemampuan peserta didik baik
5.
Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai
Akhir) = × 10
Skor maksimal
100.
Indikator
perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.
BT (Belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
masalah.
2.
MT (Mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten.
3.
MB (Belum tampak) jika
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (Mulai membudaya)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.
NO.
|
NAMA SISWA
|
RELIGIUS
|
TANGGUNG JAWAB
|
PEDULI
|
RESPONSIF
|
SANTUN
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
ANDI
|
||||||||||||||||||||
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||||||||||||||||
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
||||||||||||||||||||
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
||||||||||||||||||||
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
||||||||||||||||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||||||||||||||||
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||||||||||||||||
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||||||||||||||||
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
11.
|
AJI
HARDIANSYAH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar