RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester : X/I
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Recount Text
Jumlah pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi Waktu :
1 x 2 JP
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural padabidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks recount
sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.13 Menangkap makna dalam
teks recount lisan dan tulis
sederhana.
4.14 Menyusun
teks recount lisan dan tulis
sederhana tentang pengalaman / kegiatan /
kejadian
/ peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan,
secara benar dan sesuai dengan konteks
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Mensyukuri Memahami teks lisan memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan
jati diri.
2. Mengucapkan teksl isan memaparkan, menanyakan, danm erespons
pemaparan jati diri.
3. Memahami teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan
jati diri.
4. Menyusun teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan
jati diri.
D.
Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi Peserta didik dapat:
1. Memahami teks lisan memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan
jati diri.
2. Mengucapkan teksl isan memaparkan, menanyakan, danm erespons
pemaparan jati diri.
3. Memahami teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan
jati diri.
4. Menyusun teks tulis memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan
jati diri.
E.
Materi Pembelajaran
Ø Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/
peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan urutan tindakan/
kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan
umum..
Ø Unsur kebahasan : Ucapan, tekanan kata, intonasi.
F.
Metode/Pendekatan
Metode
yang digunakan adalah diskusi dan presentasi
G.
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan awal
-
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan
kondisi mereka.
-
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
1.
Mengamati
-
Siswa
menyimak berbagai contoh teks recount tentang pengalaman/kegiatan/kejadianb/peristiwa yang diberikan/ diperdengarkan guru
-
Siswa
mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
-
Siswa belajar
menentukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
recount
2.
Mempertanyakan (questioning)
-
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks tentang pengalaman/kejadian/peristiwa yang ada
dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam
bahasa Indonesia,.
-
Siswa
mempertanyakan mengenai gagasan pokok
informasi rinci dan informasi tertentu dalam recount
3. Mengeksplorasi
-
Siswa mencari
beberapa text recount dari berbagai sumber.
-
Siswa
berlatih menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari
teks
-
Siswa membacakan
teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
-
Siswa
berlatih menysun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi text recount.
-
Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks recount
lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan
runtut
4. Mengasosiasi
-
Secara
berpasangan siswa saling menganalisis teks recount tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan.
-
Siswa
mendiskusikan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks.
-
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis
yang disampaikan dalam kerja kelompok.
5.
Mengkomunikasikan
-
Siswa membuat
teks recount sederhana tentang keteladanan dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur dan unsur kebahasaannya.
-
Siswa
mempresentasikannya di kelas
-
Siswa membuat
kliping teks recount dengan menyalin dari beberapa sumber.
-
Siswa membuat
jurnal belajar (learning journal)
c.
Kegiatan Penutup
-
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan materi yang telah diajarkan atau dipelajari hari ini.
-
Guru memberi tugas kepada siswa
tentang materi yang sudah diajarkan.
-
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
Alat/Media/Sumber Belajar
Alat/Media
-
Papan tulis
-
Spidol
-
Laptop
-
Speaker aktif
Sumber Belajar
1.
Buku paket
2.
Buku LKS
3.
Buku referensi lain yang
relevan
4.
Informasi dari media masa dan
internet
I.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian Proses
2.
Penilaian Hasil
3.
Pedoman penskoran
4.
Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif,
dan santun
Cirebon, 23 Agustus
2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa Praktikan
Halimatusa’diah,.S.Pd Rastono
NIP. - NPM. 11000489
Lampiran
J.
Penilaian
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tseknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Sebelum, selama, dan setelah KBM
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1
untuk masukan
pembinaan dan informasi
bagi Guru
Agama dan PKN
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan
dalam teks recount
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Tertulis
|
Write the teks recount
|
Melakukan monolog dalam bentuk recount dalam
kelompok / berpasangan/ didepan kelas
|
Unjuk Kerja
|
Keterampilan Lisan dan Tertulis
|
Make a teks recount. Then perform and read it in front of class.
|
Jawaban
Ketepatan
dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks recount
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan
peserta didik.
Melakukan
monolog dalam bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas Jawaban disesuaikan dengan
kemampuan peserta didik.
3.
Pedoman penskoran
Ketepatan
dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks recount
Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100.
Melakukan
monolog dalam bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/ didepan 81-100 Jika peserta didik dapat menyebutkan 5
ungkapan teks recount
61-80 Jika peserta didik dapat menyebutkan 4
ungkapan teks recount
41-60 Jika peserta didik dapat menyebutkan 3
ungkapan teks recount
21-40 Jika peserta didik dapat menyebutkan 2
ungkapan teks recount
0-20 Jika peserta didik dapat menyebutkan 1
ungkapan teks
recount dengan
benar.
Skor maksimal 100.
Membuat teks recount yang sudah d contohkan
No
|
Nama peserta didik
|
Penilaian Proses
|
NA
|
||
Intonasi
|
pronounciation
|
Ekspresion
|
|||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1.
Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2.
Jika penampilan peserta didik kurang
3.
Jika penampilan peserta didik sedang
4.
Jika penampilan peserta didik baik
5.
Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) = × 100
Skor maksimal 100.
Melakukan monolog dalam
bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/ didepan
No.
|
Nama Peserta didik
|
Ketepatan dalam
penggunaan
|
∑
|
NA
|
|||
Kata
|
Ekspresi
|
Struktur kalimat
|
Tanda baca
|
||||
1.
|
ANDI
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
FANDI RAMADHAN AL HARRIS
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
FARHAD IBADULLAH
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
HASBI AL KOLIFA
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
IRWAN SETIAWAN
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
JAKA WALUYO
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
MOH. YUSUF ALFIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
RENALDI
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
WENDI ARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1.
Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2.
Jika kemampuan peserta didik kurang
3.
Jika kemampuan peserta didik sedang
4.
Jika kemampuan peserta didik baik
5.
Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) = × 10
Skor maksimal 100.
Indikator
perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1. BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2. MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan jika tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3. MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kolom-kolom aspek yang
dinilai diberi tanda centang.
NO.
|
NAMA SISWA
|
RELIGIUS
|
TANGGUNG
JAWAB
|
PEDULI
|
RESPONSIF
|
SANTUN
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
ANDI
|
||||||||||||||||||||
2.
|
FANDI
RAMADHAN AL HARRIS
|
||||||||||||||||||||
3.
|
FARHAD
IBADULLAH
|
||||||||||||||||||||
4.
|
HASBI AL
KOLIFA
|
||||||||||||||||||||
5.
|
IRWAN
SETIAWAN
|
||||||||||||||||||||
6.
|
JAKA WALUYO
|
||||||||||||||||||||
7.
|
MOH. YUSUF
ALFIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
8.
|
RENALDI
|
||||||||||||||||||||
9.
|
RONAL
SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y
|
||||||||||||||||||||
10.
|
WENDI
ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||||||
11.
|
AJI HARDIANSYAH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar