Senin, 13 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "PAST SIMPLE AND SIMPLE PREFECT"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         : SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester               : X/I
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Tema                              : Past Simple and Simple Prefect
Jumlah pertemuan          :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu               :  1 x 2JP

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.6.      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.



C.    Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengutahui isi teks tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
4.      Menganalisis dialog sederhana mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense) yang terdapat dalam teks.
5.      Membuat kalimat tentang (Past Simple and Present Perfect Tense).
6.      Menyusun text lisan dan tulis sederhana mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).

D.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi dan persentasipeserta didik dapat:
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengutahui isi dialog tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
4.         Menganalisis dialog sederhana mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense) yang terdapat dalam teks.
5.         Membuat kalimat tentang (Past Simple and Present Perfect Tense).
6.         Menyusun text lisan dan tulis sederhana mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).









E.     Materi Pembelajaran
(Past Simple dan Present Perfect Tense)
·         Fungsi sosial
   Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
·         Struktur teks
I had plowed into a big green Buick. I hollered farewells to my friends and poured myself into the car .
My friend has prepared everything before we left.
·         Unsur kebahasaan
(1)               Past Simple, Present Perfect
(2)               Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan    tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·         Present Perfect Tense
ü   (+) S + HAVE/HAS + VERB 3 + O
Agus has bought car
I have eaten bread today
ü   (-) S + HAVE/HAS + NOT + VERB 3 + O
Agus has not bought car
I have not eaten bread today
ü   (?) HAVE/HAS + S + VERB 3 + O
Has Agus bought car?
Have you eaten bread today?
·         Simple Past tense
ü   (+) S + VERB 2 + O + ADV OF TIME
Beni went to jogja last week
I ate bread yesterday
ü   (-) S + DID + NOT + VERB 1 + ADV OF TIME
Beni did not go to Jogja last week
I did not eat bread yesterday
ü   (?) DID + S + VERB 1 + O + ADV OF TIME
Did Beni go to Jogja last week?
Did you eat bread yesterday?







F.     Metode/pendekatan
Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan persentasi.

G.    Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
2.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Past Simple  dan Present perfect tense, dalam berbagai konteks.
-          Siswa berinteraksi menggunakan kalimat Past Simple  dan Present perfect tense selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
-          Siswa menirukan contoh-contoh kalimat Past Simple dan Present Perfect tense,
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat Past Simple dan Present Perfect tense, (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
2.      Mempertanyakan
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai past simple dan present perfect yang ada dalam bahasa Inggris, dan perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
3.      Mengeksplorasi
-          Siswa menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
-          Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.
4.      Mengasosiasi
-          Siswa membandingkan kalimat Past Simple dan Present Perfect tense yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
-          Siswa membandingkan antara kalimat Past Simple dan Present Perfect tense dalam bahasa Inggris dengan kalimat  tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

5.      Mengkomunikasikan
-          Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
-          Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam jurnal belajarnya.
c.       Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.      Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran selanjutnya.

H.    Alat/Media/Sumber Belajar 
Alat/Media :
-          Papan tulis
-          Spidol
-          Infocus
-          Laptop
Sumber Belajar :
-          Bahan ajar Bahasa Inggris

I.       Penilaian
-          Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
-          Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan






Cirebon, 12 September 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                            Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                  Rastono
NIP. -                                                                                                         NPM. 11000489             
J.      Penilaian Hasil Belajar
1.         Penilaian Proses

No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun


2.      Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian

Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengetahui isi text mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
Tes tertulis
Jumble
Listen and Arrange the sentences below into good sentences!
1.      J: But then I discovered something in the palace. Q: Yes, yes. What was it?
2.       J: From 8 until 10, I was cutting out pictures of Prince Harry from the newspapers… for the family album, of course. Q: Oooh.
3.      J: Then at half past five I took your corgis for a walk. Then at 6 o’clock I took Prince Philip to the bathroom.                       Q: Quite right.
4.      Q: Jeeves, have you polished my crown today?   J: No, Madam. I’m afraid that I haven’t had time to do that  yet.
5.      Q: WHy not? Then please tell me what have you done this morning?
6.      6. J: So, Madam, that is why I haven’t cleaned your crown yet. And may I ask your Highness, what have you done this morning? Did you meet the Prime Minister?
7.       J: Well, Madam it is a rather delicate matter. I’m afraid to say that your beloved doggies have done their “toilet business” all over the royal throne.       Q: Oh no!
8.      J: Well, let me see. I got up at 5am and then the first thing I did was to iron your newspaper.             Q: Good.
9.      J: Well, Madam, you have definitely had an extremely difficult morning.            Q: Indeed, indeed.
10.  10. Q: No, Jeeves, no. I left the palace at quarter to eleven to go and open a supermarket… and I’ve just arrived back.

Menganalisis text mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
Unjuk Kerja
Keterampilan Tertulis
Find sentence about simple past and present perfect in the text above.
Membuat  kalimat mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
Unjuk Kerja

Keterampilan Tertulis
Complete the sentence using the past simple and present perfect form of the verb!
1.      She ____ (buy) a new car in 2011
2.      I _____ (listen) to the new Linda CD yet
3.      They _____ (clean) the car. It looks new again.
4.      I’m sorry, but I _____ (forget) my homework.
5.      Peter _____ (play) football yesterday.
6.      I _____ (meet) my friend two day ago.
7.      When I _____ (am) a child I played with marbles.
8.      You ______ (do not) your homework.
9.      I _____ (study) all night for the test.
10.   She _____ (visit) her grandmother last month
Menyusun text lisan dan tulis sederhana mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).

Unjuk Kerja
Keterampilan Lisan dan Tertulis
Make paragraph about story of your best moment individually with using simple past and present perfect and then perform it in front of class.


Kunci Jawaban
Mengetahui isi dialog mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
Answer:
The Queen & her butler
Q= Queen
J= Jeeves

Q: Jeeves, have you polished my crown today?
J: No, Madam. I’m afraid that I haven’t had time to do that yet.
Q: WHy not? Then please tell me what have you done this morning?
J: Well, let me see. I got up at 5am and then the first thing I did was to iron your newspaper.
Q: Good.
J: Then at half past five I took your corgis for a walk. Then at 6 o’clock I took Prince Philip to the bathroom.
Q: Quite right.
J: From 8 until 10, I was cutting out pictures of Prince Harry from the newspapers… for the family album, of course.
Q: Oooh.
J: But then I discovered something in the palace.
Q: Yes, yes. What was it?
J: Well, Madam it is a rather delicate matter. I’m afraid to say that your beloved doggies have done their “toilet business” all over the royal throne.
Q: Oh no!
J: So, Madam, that is why I haven’t cleaned your crown yet. And may I ask your Highness, what have you done this morning? Did you meet the Prime Minister?
Q: No, Jeeves, no. I left the palace at quarter to eleven to go and open a supermarket… and I’ve just arrived back.
J: Well, Madam, you have definitely had an extremely difficult morning.
Q: Indeed, indeed.

Menganalisis text mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).

PAST SIMPLE
PRESENT PERFECT
I got up at 5am
have you polished my crown today?
I took your corgis for a walk
I haven’t had time to do that yet.
I was cutting out pictures of Prince Harry from the newspapers
what have you done this morning?

I discovered something in the palace.
I haven’t cleaned your crown yet
I left the palace at quarter to eleven
I’ve just arrived back.

Membuat  kalimat mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
Answer :
1.      Bought
2.      Have listened
3.      Have cleaned
4.      Have forgotten
5.      Played
6.      Met
7.      Was
8.      Have not done
9.      Have studied
10.  Visited
Menyusun text lisan dan tulis sederhana mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.

Pedoman penskoran
Mengetahui isi text mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense)
 Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 10.
Skor maksimal 100
Menganalisis text mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense) yang terdapat dalam text.
81-100  Jika peserta didik dapat menyebutkan 5 kalimat mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
61-80    Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 kalimat mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
41-60    Jika peserta didik dapat menyebutkan 3 kalimat mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
21-40    Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 kalimat mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
0-20    Jika peserta didik dapat menyebutkan 1 kalimat mengenai tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (Past Simple) yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Present Perfect tense).
Skor maksimal 100.





Membuat kalimat mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH





Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.













Menyusun textlisan dan tulis sederhana mengenai (Past Simple) dan (Present Perfect tense).
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH







Keterangan      :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1 Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2 Jika kemampuan peserta didik kurang
3 Jika kemampuan peserta didik sedang
4 Jika kemampuan peserta didik baik
5 Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 10
Skor maksimal 100

Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.    BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.    MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.    MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.

NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH


































                       
SCRIPT
SIDOMBA
When I went travelling last month. I went to sidomba waterfall with my friends. I arrived at sidomba at 11 am, I have seen the playground there, and we have taken the photographs. At 1 until 2 pm I saw a waterfall, then for the first thing I did, was I took my photos and I played water with my friends.
In the sidomba I have eaten chicken noodle and the taste was very delicious. It was my experience at sidomba with my friends. And then we came back home at 3 pm.







Cirebon, 3 Oktober 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                               Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                     Rastono
NIP. -                                                                                                             NPM. 11000489         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar