Senin, 13 Oktober 2014

RPP KURTILAS BAHASA INGGRIS KELAS X "CONGRATULATION"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         : SMK GRACIKA CIREBON
Kelas/Semester               : X/I
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Tema                              : Congratulation
Jumlah pertemuan          :  1 Pertemuan
Alokasi Waktu               :  1 x 2JP

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan mnyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar  komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3  Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.1.   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.   Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.    Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengutahui isi dialog tentang ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).
4.      Menganalisis dialog sederhana mengenai ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) yang terdapat dalam dialog.
5.      Membuat dialog tentang ucapan selamat.
6.      Menyusun kartu lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan ucapan selamat bersayap (extended).

D.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran melalui metode diskusi dan persentasipeserta didik dapat:
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengetahui isi dialog tentang ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).
4.      Menganalisis dialog sederhana mengenai ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).
5.      Mengetahui perbedaan antara berbagai ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
6.      Menyusun kartu lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)



E.     Materi Pembelajaran
Ø  Struktur text
       Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
Ø   Unsur kebahasaan
(1)         Kata dan tata bahasa baku
(2)         Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Ø   Using Congratulatory Expressions and Its Responses.
EXPRESSIONS
RESPONSES
·            Congratulation!
·             I congratulate you in getting the scholarship
·             Congratulation for your successes.
·             Happy graduation, congratulation wish you all the best.
·            Please accept my heartiest congratulations
·            You have done such a wonderful job, congratulation.
·             Congratulation for your new baby, wish you happily ever after. 
·            Congratulation, you got the first rank. I know you can do your best.
·            I know you will win the game, and now you are the winner, congratulation.
·         Thanks
·         Thanks so much
·         Thanks a million
·          Thanks a lot
·          Thank you for your kindness


F.     Metode/pendekatan
Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan persentasi.

G.    Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi mereka.
2.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.   Kegiatan Inti
Mengamati
-          Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari berbagai sumber yang diberikan oleh guru.
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur text, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
-          Dengan arahan guru peserta didik diminta untuk  membuat kartu ucapan selamat dengan temannya.
-          Dengan arahan guru, siswa membacakan teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benara dan lancar.
Mengeksplorasi
-          Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain  dari berbagai sumber
-          Siswa  bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat
-          Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru
Mengasosiasi
-          Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
-           Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalamkerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-          Siswa  berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
-          Siswa membuat kartu ucapan selamat
-          Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat

c.    Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.    Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.    Siswa di diberi tugas untuk berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat.
4.    Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran selanjutnya.

H.    Alat/Media/Sumber Belajar 
Alat/Media :
-          Papan tulis
-          Spidol
-          Menyiapkan kertas origami
Sumber Belajar :
-          Bahan ajar Bahasa Inggris











I.       Penilaian
-          Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
-          Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan















Cirebon, 23 September 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                            Mahasiswa Praktikan




Halimatusa’diah,.S.Pd                                                                                  Rastono
NIP. -                                                                                                         NPM. 11000489             









Lampiran
J.      Penilaian Hasil Belajar
1.         Penilaian Proses

No.
Aspek yang dinilai
Tseknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Sebelum, selama, dan setelah KBM
Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 untuk masukan
pembinaan dan informasi bagi Guru
Agama dan PKN
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun



2.      Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian

Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengetahui isi dialog tentang ucapan selamat bersayap (extended)
Tes tertulis
Isian
Listen and fill in the blank!
Asti          : I heard you ________ with honors. _________! You did it!
Bob          : ________a lot!
Asti          : What are you going to do next? Get a job?
Bob          : No, I am going to the States next moth to _________my Master’s.
Asti          : __________! Go for it! Good luck!
Bob          : Thanks!

Menganalisis kalimat yang termasuk ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) sesuai dengan konteks.
Unjuk Kerja
Keterampilan Tertulis
Write the sentence of expressing congratulation.
Membuat dialog berdasarkan teks yang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.

Unjuk Kerja

Keterampilan Tertulis
Make dialogue of expressing congratulation, and then perform it in front of class.
     
Menyusun kartu lisan dan tulis sederhana, untuk mengungkapkan ucapan selamat bersayap (extended) dengan percaya diri
Unjuk Kerja
Keterampilan Lisan dan Tertulis
Make a card of expressing congratulation.

Kunci Jawaban
Mengetahui isi dialog ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)
Answer:
1.      Graduated
2.      Congratulations!
3.      Thank a lot!
4.      To get
5.      That’s great

Menganalisis dialog tenang ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)
Jawaban disesuaikan dengan kondisi.

Menyusun surat lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)
Jawaban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik.

Pedoman penskoran
Mengetahui isi dialog ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)
 Skor masing-masing jawaban benar 10.
Nilai = Jumlah jawaban benar × 20.
Skor maksimal 100

Menganalisis ungkapan ucapan selamat bersyap (extended) yang terdapat dalam dialog.
81-100  Jika peserta didik dapat menyebutkan 5 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
61-80    Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
41-60    Jika peserta didik dapat menyebutkan 3 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
21-40    Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
0-20    Jika peserta didik dapat menyebutkan 1 ungkapan ucapan selamat bersyap (extended).
Skor maksimal 100.

Membuat dialog ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)
No
Nama peserta didik
Penilaian Proses
NA
Intonasi
pronounciation
Ekspresion
1.
ANDI




2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




3.
FARHAD IBADULLAH




4.
HASBI AL KOLIFA




5.
IRWAN SETIAWAN




6.
JAKA WALUYO




7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




8.
RENALDI




9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




10.
WENDI ARDIANSYAH




11.
AJI HARDIANSYAH





Keterangan      :
Kolom penilaian proses diisi dengan angka:
1 Jika penampilan peserta didik sangat kurang
2 Jika penampilan peserta didik kurang
3 Jika penampilan peserta didik sedang
4 Jika penampilan peserta didik baik
5 Jika penampilan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 100
Skor maksimal 100.

Menyusun surat lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat bersyap (extended)
No.
Nama Peserta didik
Ketepatan dalam penggunaan
NA
Kata
Ekspresi
Struktur kalimat
Tanda baca
1.
ANDI






2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS






3.
FARHAD IBADULLAH






4.
HASBI AL KOLIFA






5.
IRWAN SETIAWAN






6.
JAKA WALUYO






7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH






8.
RENALDI






9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y






10.
WENDI ARDIANSYAH






11.
AJI HARDIANSYAH







Keterangan      :
Kolom ketepatan dalam penggunaan diisi dengan angka:
1 Jika kemampuan peserta didik sangat kurang
2 Jika kemampuan peserta didik kurang
3 Jika kemampuan peserta didik sedang
4 Jika kemampuan peserta didik baik
5 Jika kemampuan peserta didik sangat baik
NA (Nilai Akhir) =  × 10
Skor maksimal 100


Indikator perkembangan sikap religius, tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun
1.    BT (Belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah.
2.    MT (Mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan jika  tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (Belum tampak) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (Mulai membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Kolom-kolom aspek yang dinilai diberi tanda centang.

NO.
NAMA SISWA
RELIGIUS
TANGGUNG JAWAB
PEDULI
RESPONSIF
SANTUN


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
ANDI




















2.
FANDI RAMADHAN AL HARRIS




















3.
FARHAD IBADULLAH




















4.
HASBI AL KOLIFA




















5.
IRWAN SETIAWAN




















6.
JAKA WALUYO




















7.
MOH. YUSUF ALFIANSYAH




















8.
RENALDI




















9.
RONAL SEPTIAN PUTRA PRATAMA Y




















10.
WENDI ARDIANSYAH




















11.
AJI HARDIANSYAH




























SCRIPT
Dialogue
Asti          : I heard you graduated with honors. Congratulations! You did it!
Bob          : Thanks a lot!
Asti          : What are you going to do next? Get a job?
Bob          : No, I am going to the States next moth to get my Master’s.
Asti          : That’s great! Go for it! Good luck!
Bob          : Thanks!

1 komentar: